Harga Lensa Cembung Kamera Dslr – romancis Gadget

Harga Lensa Cembung Kamera Dslr

harga lensa cembung kamera dslr

Harga lensa cembung kamera DSLR dapat bervariasi tergantung pada merek, kualitas, dan spesifikasi lensa tersebut. Lensa cembung, juga dikenal sebagai fisheye lens, adalah lensa yang memiliki sudut pandang yang sangat luas dan memberikan efek distorsi pada gambar. Lensa ini sangat populer di kalangan fotografer profesional dan hobiis karena mampu menghasilkan foto yang unik dan artistik.

Mengenal Lebih Jauh tentang Lensa Cembung Kamera DSLR

Lensa cembung kamera DSLR memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari lensa lainnya. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diketahui tentang lensa cembung:

1. Sudut Pandang yang Luas

Lensa cembung memiliki sudut pandang yang sangat luas, biasanya antara 180 hingga 220 derajat. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang ekstrem, termasuk memasukkan lebih banyak objek dalam satu frame.

2. Distorsi Efek

Lensa cembung menciptakan efek distorsi pada gambar, di mana garis-garis lurus akan terlihat melengkung. Efek ini memberikan kesan yang unik dan menarik pada foto, membuatnya tampak seperti diambil dari sudut pandang yang tidak biasa.

Read More :   Harga Wireless Charging Samsung Note 9

3. Kualitas Optik yang Baik

Untuk menghasilkan foto yang tajam dan berkualitas dengan lensa cembung, penting untuk memilih lensa dengan kualitas optik yang baik. Lensa dengan elemen lensa berkualitas tinggi dan lapisan pelindung yang baik akan memberikan hasil yang lebih baik.

4. Jenis Lensa Cembung

Terdapat beberapa jenis lensa cembung yang tersedia di pasaran, termasuk lensa cembung fisheye penuh (full-frame fisheye) dan lensa cembung fisheye hemisferik (hemispherical fisheye). Lensa cembung fisheye penuh mencakup seluruh frame gambar dengan distorsi yang konsisten, sedangkan lensa cembung fisheye hemisferik memberikan distorsi yang lebih kuat di sudut-sudut frame.

5. Harga Lensa Cembung Kamera DSLR

Harga lensa cembung kamera DSLR dapat bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung pada merek dan kualitas lensa tersebut. Lensa cembung dari merek terkenal seperti Canon, Nikon, dan Sony biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan merek lainnya. Namun, terdapat juga lensa cembung dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap memberikan kualitas yang baik.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa kegunaan lensa cembung kamera DSLR?

Lensa cembung kamera DSLR digunakan untuk menghasilkan foto dengan sudut pandang yang luas dan efek distorsi yang unik.

2. Apakah semua kamera DSLR kompatibel dengan lensa cembung?

Tidak semua kamera DSLR kompatibel dengan lensa cembung. Pastikan untuk memeriksa spesifikasi kamera Anda sebelum membeli lensa cembung.

3. Apakah lensa cembung hanya digunakan untuk fotografi ekstrem?

Tidak. Lensa cembung juga dapat digunakan untuk tujuan kreatif dalam fotografi landscape, arsitektur, dan potret.

4. Apakah lensa cembung memiliki fitur autofocus?

Ya, sebagian besar lensa cembung dilengkapi dengan fitur autofocus. Namun, beberapa lensa cembung mungkin hanya memiliki fitur manual focus.

Read More :   Harga Layar Hp Vivo Y22

5. Bagaimana cara merawat lensa cembung?

Merawat lensa cembung sama seperti merawat lensa kamera lainnya. Bersihkan lensa menggunakan kain mikrofiber dan hindari menyentuh elemen lensa dengan jari.

6. Apakah lensa cembung dapat digunakan dengan filter?

Beberapa lensa cembung dapat menggunakan filter, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan filter dapat mempengaruhi efek distorsi yang dihasilkan.

Kelebihan Lensa Cembung Kamera DSLR

Berikut adalah beberapa kelebihan dari menggunakan lensa cembung kamera DSLR:

  • Menghasilkan foto dengan sudut pandang yang luas
  • Menciptakan efek distorsi yang unik dan menarik
  • Cocok untuk fotografi ekstrem dan kreatif
  • Memberikan hasil foto yang artistik dan berbeda dari lensa lainnya
  • Dapat digunakan untuk berbagai genre fotografi

Tips Memilih dan Menggunakan Lensa Cembung Kamera DSLR

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dan menggunakan lensa cembung kamera DSLR:

  • Pilih lensa cembung dengan kualitas optik yang baik
  • Periksa kompatibilitas lensa dengan kamera Anda
  • Gunakan lensa cembung dengan bijak dan kreatif
  • Perhatikan pengaturan exposure dan fokus saat menggunakan lensa cembung
  • Gunakan lensa cembung untuk menghasilkan efek yang menarik dalam foto Anda

Ringkasan

Harga lensa cembung kamera DSLR dapat bervariasi tergantung pada merek, kualitas, dan spesifikasi lensa tersebut. Lensa cembung memiliki sudut pandang yang luas dan memberikan efek distorsi pada foto. Lensa cembung cocok untuk fotografi ekstrem dan kreatif, dan dapat digunakan dalam berbagai genre fotografi. Penting untuk memilih lensa cembung dengan kualitas optik yang baik dan memahami cara menggunakan lensa ini dengan benar.

Leave a Comment